Selasa, 19 Maret 2013

Mesin Macan Porsche Siap diluncurkan


Produsen mobil sport premium seperti Maserati, Lamborghini, dan Bentley punya rencana membikin model sport utility vehicle (SUV). Kini, Porsche yang selangkah lebih dulu dengan memiliki Cayenne akan kembali lagi dengan nama "Macan".

Pihak Porsche melalui media Inggris, Top Gear, pun perlu menjelaskan bahwa "macan" diambil dari kata Indonesia. Dengan nama binatang predator seperti ini, mereka menjanjikan kegarangan yang sama dengan kata-kata "bertenaga, dinamis, dan penuh kejutan". Selain itu, dalam sejarahnya sendiri, Porsche pernah membuat sejumlah model tank dengan nama "Tiger" pada masa Perang Dunia II.

Bernhard Maier, staf pemasaran Porsche, mengatakan, “Macan mengombinasikan semua karakter mobil sport dengan faktor-faktor unggulan dari SUV, dan ini menunjukkan keaslian dari Porsche. Nama dari Porsche baru tersebut cocok dengan nama kami, dan terdengar bagus ketika diucapkan dengan berbagai dialek bahasa, selain juga punya asosiasi makna yang positif."

Porsche akan memulai pembangunan mini-SUV ini tahun depan di pabrik Leipzig, pabrik yang dikabarkan memiliki investasi 500 juta euro atau setara Rp 5,9 triliun. Berarti, Porsche serius dalam mewujudkan sketsa tersebut, plus berani bilang bahwa volume penjualannya nanti akan digandakan.

Mengingat masih berupa gambar, detail mengenai Macan baru seputar penggunaan platform MLB Volkswagen seperti yang digunakan pada Audi Q5. Dengan demikian, maka ada kemungkinan kendaraan ini menggunakan mesin 3,0-liter turbodiesel dengan tenaga rata-rata 309 HP dan torsi 479 pound-feet (712,8 kg-m).

Selain gambar yang menunjukkan model lima pintu, kabarnya pihak Porsche juga sedang mendiskusikan penggunaan varian tiga pintu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar